MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: MacBook mana yang harus Anda beli?

MacBook Air M2 akhirnya tiba. Seperti MacBook Pro M2 yang baru saja dirilis , notebook baru ini adalah yang terbaru dengan fitur chip Apple M2 menjadikannya salah satu laptop paling berkinerja dan terbaik secara keseluruhan yang dapat Anda beli. Meskipun harga awal yang curam $ 1.199, itu bisa dibilang bernilai setiap sen karena nilai yang diberikannya.

Dengan demikian, MacBook Air M1 sebelumnya tidak boleh diabaikan hanya karena ada iterasi baru di pasar. Meskipun sekarang satu generasi lebih tua, notebook ini masih memberikan kinerja dan daya tahan baterai yang luar biasa bahkan melampaui beberapa laptop Windows terbaik. Karena faktor-faktor tersebut dan biayanya yang relatif terjangkau $999, tidak masuk akal bahwa beberapa orang akan percaya bahwa MacBook Air M1 adalah kesepakatan yang lebih baik.

Di bawah ini, kami mengadu MacBook Air M2 dengan MacBook Air M1 dalam upaya untuk menentukan laptop mana yang harus Anda beli. Inilah bagaimana MacBook Air lama dan baru ditumpuk.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: Harga 

MacBook Air M2 memiliki harga mulai dari $ 1.199. Sebaliknya, MacBook Air M1 berharga $999. Namun, beberapa pengecer cenderung menurunkan harga yang terakhir selama liburan belanja seperti Amazon Prime Day dan Black Friday.

Air M2 lebih mahal dari pendahulunya tetapi membenarkan harga ini karena desain baru dan komponen yang diperbarui, termasuk chip Apple M2. Tetapi seperti yang akan kita bahas di bawah, pembaruan ini mungkin bukan masalah besar bagi sebagian orang.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: Desain 

Sesuai dengan monikernya, MacBook Air M2 adalah laptop ultra-tipis dan ultra-ringan. Seperti yang kami katakan di ulasan kami, sangat tipis sehingga bisa dikira iPad saat ditutup. Berukuran tebal 0,44 inci dengan tutupnya terbuka, bahkan pena Bic biasa terlihat tebal di sebelah Air M2.

Meskipun 20% lebih kecil dari Air sebelumnya dalam hal volume, ia memiliki layar 13,6 inci yang lebih besar berkat bezel laptop yang lebih tipis. Seperti MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci, Air M2 memiliki poni di bagian atas layar. Ini mungkin mengganggu sebagian orang karena takik merusak estetika dengan meregangkan ke bagian bawah bilah Menu.

Sasis aluminium seberat 2,7 pon menyeimbangkan daya tahan dan bobot yang ringan. Jika Anda ingin Air M2 Anda menonjol, Anda bisa mendapatkannya dalam warna Starlight (emas pucat) atau Midnight (biru tua). Warna Silver atau Space Grey juga tersedia bagi mereka yang lebih menyukai penampilan yang konservatif.

MacBook Air M1 memiliki sasis aluminium mesin berbentuk baji yang telah lama dikenal oleh lini tersebut. Mirip dengan pendahulunya yang ditenagai Intel, ukurannya 11,9 x 8,4 x 0,6 inci dan berat 2,8 pon. Muncul dalam Emas, Perak, dan Abu-abu Luar Angkasa.

Kecuali Anda penggemar berat desain tirus lama, Air M2 bisa dibilang menang di departemen desain karena menampilkan tampilan yang segar dan modern.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: Tampilan 

MacBook Air M2 memiliki panel Retina 13,6 inci yang cerah dan penuh warna (2560 x 1664) yang sempurna untuk menonton video, mengedit foto, dan lainnya.

Berdasarkan uji lab kami, Air M2 memiliki kecerahan rata-rata 489 nits dan mencapai puncaknya pada 495 nits dengan konten HDR. Ini juga mendaftarkan 107% dari gamut warna sRGB dan 75,9% dari ruang warna DCI-P3 yang lebih menuntut.

MacBook Air M1 menampilkan layar Retina piksel 13,3 inci (2560 x 1600) yang mahir menampilkan detail halus dalam konten apa pun yang Anda tonton. Menurut pengujian kolorimeter kami, MacBook Air M1 menghasilkan 114,3% spektrum sRGB dan mampu menghasilkan kecerahan hingga 365,8 nits.

Sementara Air M1 menghasilkan sedikit lebih banyak gamut warna sRGB, Air M2 jelas lebih cerah. Selain itu, laptop baru ini memiliki jumlah piksel yang lebih tinggi karena layarnya yang lebih besar. MacBook Air M2 memenangkan babak ini, untuk informasi lain lebih lengkapnya di trestleontenth.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: Performa 

MacBook Air baru mengemas chip Apple M2 yang sama barunya. MacBook Pro yang ditenagai M2 membuat kami terkesan selama pengujian kami dan dengan senang hati kami melaporkan bahwa Air M2 adalah satu lagi yang menakjubkan. Tidak mengherankan jika MacBook Air terbaru mengalahkan model sebelumnya, dari segi kinerja.

Pada Geekbench 5.4, yang mengukur kinerja keseluruhan, MacBook Air M2 mencetak 8.919 pada bagian multi-core dari pengujian. Di Geekbench 5.3, MacBook Air M1 mencapai 7.575 pada multi-core – yang merupakan perbedaan 17%.

Pada tes pengeditan video Handbrake kami, yang melibatkan transcoding klip video 4K, MacBook Air M2 baru membutuhkan waktu 7 menit dan 52 detik untuk menyelesaikan tugas. Air M1 sebelumnya membutuhkan 9:15. (Sebagai perbandingan, MacBook Pro M2 13-inci baru Apple membutuhkan waktu satu menit lebih sedikit daripada Air baru pada 6:51, meskipun ia memiliki pendinginan aktif untuk chip M2-nya yang memberikan kinerja berkelanjutan yang lebih baik.)

MacBook Air baru mencetak 821 pada PugetBench untuk Adobe CC Photoshop, sedangkan Air M1 mencatat skor 653. Pada tes Kecepatan Disk Blackmagic, SSD 1TB Air baru pada unit tinjauan kami rata-rata 2.800 MBps untuk membaca dan 2.210 untuk menulis. SSD 1TB di MacBook Air M1 yang kami uji mencapai kecepatan 2692 MBps untuk membaca dan 2897 untuk menulis.

Meskipun perbedaan kecepatan baca/tulis disk dapat diabaikan, MacBook Air M2 adalah mesin yang lebih mumpuni daripada MacBook Air M1. Mempertimbangkan bagaimana kami menganggap yang pertama sebagai revolusi komputasi, kami sangat terkesan dengan apa yang mampu diberikan oleh laptop baru ini.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: Grafik dan game

MacBook Air M2 kami hadir dengan GPU 10-core dan bukan CPU 8-core standar pada model $1.199. Meskipun kekuatan GPU meningkat, MacBook Air M2 (seperti MacBook Pro M2) mengecewakan sebagai mesin game.

Pada Rise of the Tomb Raider, MacBook Air M2 mencapai 27 frame per detik dengan resolusi yang ditetapkan ke 1920 x 1200. Itu jauh dari 30 fps minimum yang dapat diterima oleh gamer (seperti saya). Pada 2940 x 1920 yang turun menjadi 15,3 fps. Peradaban VI Sid Meier: Mengumpulkan Badai bekerja lebih baik dengan mencapai 40,3 fps pada resolusi 1470 x 956.

MacBook Air bertenaga M1 melihat hasil yang serupa. Rise of the Tomb Raider rata-rata 29 frame per detik pada 1440 x 900 sementara Civilization VI mencapai 36 fps pada resolusi yang sama.

Tak perlu dikatakan bahwa tidak ada laptop Apple yang ideal untuk bermain game dengan grafis intensif.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: Daya tahan baterai 

MacBook Air M2 adalah salah satu laptop paling tahan lama di luar sana. Pada tes baterai Tom’s Guide, yang melibatkan penelusuran web terus menerus pada kecerahan layar 150 nits, Air baru rata-rata 14 jam dan 6 menit. Itu sedikit di belakang Air M1 sebelumnya (14:41), tetapi ini masih merupakan daya tahan yang luar biasa.

Prosesor M2 yang kuat mungkin menjadi alasan mengapa MacBook Air baru memiliki masa pakai baterai yang lebih pendek daripada pendahulunya. Dan sementara MacBook Air lama menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik, Air M2 masih melampaui semua kecuali laptop Intel terbaik dalam kategori ini.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: Webcam dan speaker

MacBook Air baru mengemas webcam 1080p sedangkan model sebelumnya memiliki kamera 720p. Keduanya mendapat manfaat dari pekerjaan pemrosesan gambar tambahan yang dilakukan oleh chip M1 dan M2 Apple. Namun, resolusi 1080p lebih baik daripada 720p, meskipun menurut kami kualitas webcam MacBook Air M2 bukanlah yang terbaik.

Sistem suara empat speaker MacBook Air M2 menghadirkan audio yang jernih saat mendengarkan musik atau menonton video. Speaker stereo Air M1 cukup keras untuk memenuhi ruangan yang besar. Kedua laptop memiliki suara yang bagus, tetapi empat speaker M2 memberikan kualitas keseluruhan yang lebih baik.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: Port 

MacBook Air M2 memiliki jumlah port yang minimal. Ini memiliki dua port Thunderbolt 3/USB 4 di sisi kiri, bersama dengan adaptor daya MagSafe. Ada juga jack headphone di sisi kanan untuk mereka yang lebih suka headphone kabel daripada perangkat nirkabel.

Pengisian daya MagSafe adalah salah satu nilai jual utama laptop ini. Sambungan MagSafe memudahkan pemasangan konektor kabel secara magnetis ke sistem. Ini juga membantu mencegah laptop jatuh jika seseorang secara tidak sengaja menarik kabel dengan keras.

M1 MacBook Air memiliki dua port Thunderbolt 3 USB 4 dan jack headphone. Sayangnya, tidak ada pengisian daya MagSafe. Karena itu, MacBook Air baru memiliki port tambahan yang seharusnya digunakan untuk mengisi daya pada model lama.

MacBook Air M2 vs MacBook Air M1: MacBook mana yang harus Anda beli? 

MacBook Air M1 telah lama menjadi salah satu rekomendasi teratas kami di Tom’s Guide, tetapi sekarang memiliki penerus. MacBook Air M2 menghadirkan kinerja yang lebih baik, layar besar, dan webcam 1080p yang layak dalam desain yang lebih ramping dan lebih ringan. Meskipun harga Air baru lebih tinggi, kami pikir itu akan tetap menjadi perangkat yang sangat dicari. Apple benar-benar mengirimkan barang dengan mesin ini.

Dengan itu, MacBook Air M1 tetap menjadi laptop yang solid bagi kebanyakan orang. Chip M1-nya membuatnya lebih berperforma daripada Intel Mac lama dan banyak notebook Windows. Baik Anda menggunakan laptop untuk bekerja, memutar, atau bahkan mengedit video atau audio, itu tidak akan mengecewakan. Ini mungkin tidak lagi revolusioner, tetapi ini adalah laptop yang sangat bagus – terutama seharga $999.

Kami percaya MacBook Air M2 saat ini adalah salah satu laptop terbaik di pasar. Namun, jika Anda hanya menginginkan laptop Apple yang solid dan andal di bawah $1.000, maka Anda tidak bisa salah dengan MacBook Air M1. Seperti yang terjadi, keduanya adalah salah satu MacBook terbaik, jadi bagaimanapun Anda akan mendapatkan laptop yang hebat.

Leave a Comment